LATIHAN
1. Hukuman balasan
yang seimbang bagi pelaku pembunuhan maupun pengrusakan anggota tubuh seseorang
yang dilakukan dengan sengaja, adalah pengertian …..
a. Diyat
b. Qishash
c. Kaffarat
d. Bughat
e. Pembunuhan
2. Ahmad berburu
rusa di hutan menggunakan senapan. Ketika ditembakkan ternyata mengenai seorang
pencari kayu hingga tewas. Perbuatan Ahmad tersebut termasuk kategori ….
a. Qatlul amad
b. Qatlul khata’
c. Qatlul ghurur
d. Qatlul bayyin
e. Qatlu syibhil
amad
3. Hasan
bertengkar dengan Husen. Karena emosi yang tidak terkontrol, Hasan memukul
rahang Husen hingga giginya tanggal dua. Hukuman yang tepat untuk perbuatan
Hasan adalah ….
a. Memerdekakan
budak
b. Puasa 3 hari
berturut-turut
c. Membayar diyat
1 ekor unta
d. Membayar diyat
5 ekor unta
e. Membayar diyat
10 ekor unta
4. Musa berteman
bisnis dengan Midun. Akibat persaingan yang kurang sehat, Midun meracuni Musa
hingga tewas. Perbuatan yang dilakukan oleh Midun termasuk kategori ….
a. Qatlul amad
b. Qatlul khata’
c. Qatlul ghurur
d. Qatlul bayyin
e. Qatlu syibhil
amad
5. Ma’il tengah
menyaksikan pertandingan sepak bola, ternyata tim kesayangannya mengalami
kekalahan sehingga menyulut emosinya, dan melempar kaki pendukung lawannya
dengan menggunakan sebuah kelereng yang mengakibatkan kematian. Perbuatan yang
dilakukan Ma’il termasuk kategori ….
a. Qatlul amad
b. Qatlul khata’
c. Qatlul ghurur
d. Qatlul bayyin
e. Qatlu syibhil
amad
6. Imron melempar
buah rambutan dengan sebuah batu, tetapi batu yang dilemparnya mengenai kepala
seseorang yang mengakibatkan kematian. Perbuatan Imron tersebut dikategorikan
….
a. Qatlul amad
b. Qatlul khata’
c. Qatlul ghurur
d. Qatlul bayyin
e. Qatlu syibhil
amad
7. Amran sedang
berburu rusa di hutan, tiba-tiba ia menembakkan ke arah rimbunan pohon yang
berada di depannya yang dikiranya tempat persembunyian rusa, setelah
didekatinya ternyata yang ditembaknya adalah seorang manusia hingga tewas.
Perbuatan Amran tersebut termasuk dalam kategori ….
a. Qatlul amad
b. Qatlul khata’
c. Qatlul ghurur
d. Qatlul bayyin
e. Qatlu syibhil
amad
8. Berikut ini
adalah hikmah diberlakukannya hukum qishash, kecuali ….
a. Menegakkan
keadilan
b. Melindungi jiwa
raga manusia
c. Menciptakan
kedamaian di muka bumi
d. Manusia akan
merasa takut berbuat jahat kepada orang lain
e. Memberikan
kesempatan untuk balas dendam bagi yang dizalimi
9. Berikut ini
adalah syarat-syarat dilaksanakannya hukuman qishash, kecuali ….
a. Pembunuh bukan
orang tua dari yang dibunuh
b. Pembunuh sudah
balig dan berakal sehat
c. Orang yang
terbunuh adalah pelaku zina muhson
d. Orang yang
dibunuh memiliki derajat yang sama dengan pembunuhnya
e. Orang yang
terbunuh terpelihara darahnya.
10. Denda dengan
cara membayar sejumlah uang atau barang sebagai pengganti hukuman qishash
karena dimaafkan oleh anggota keluarga si korban disebut ….
a. Had
b. Diyat
c. Qishash
d. Rajam
e. Kaffarat
11. Eman dan Iman
bertengkar, kemudian Iman memukul kepala Eman yang mengakibatkan geger otak.
Hukuman yang sesuai dengan perbuatan Iman tersebut adalah ….
a. Membayar diyat
1 ekor unta
b. Membayar diyat
5 ekor unta
c. Membayar diyat
10 ekor unta
d. Membayar diyat
30 ekor unta
e. Membayar diyat
100 ekor unta
12. Hukuman yang
sesuai bagi seseorang yang memotong jari tangan atau jari kaki orang lain
hingga putus adalah ….
a. Membayar diyat
1 ekor unta
b. Membayar diyat
5 ekor unta
c. Membayar diyat
10 ekor unta
d. Membayar diyat
30 ekor unta
e. Membayar diyat
100 ekor unta
13. Berikut ini
adalah hikmah diberlakukannya hukuman diyat, kecuali ….
a. Mendidik jiwa
pemaaf
b. Sebagai obat
pelipur lara bagi korban dan keluarganya
c. Menciptakan
ketenangan dan ketenteraman dalam kehidupan masyarakat
d. Mencegah
timbulnya kejahatan terhadap jiwa dan raga manusia
e. Agar
berhati-hati dalam melakukan suatu pembunuhan
14. Diyat merupakan
bentuk penyesalan terhadap korban atau keluarga korban, sementara kaffarat
merupakan tanda ….
a. Balas jasa
b. Penghambaan
diri
c. Taubat kepada
Allah swt
d. Pemberian maaf
dari korban
e. Pemberian
santunan dari pelaku pembunuhan
15. Seseorang yang
mengucapkan sumpah dengan menggunakan asma Allah, lalu ia melanggarnya, maka
bentuk kaffaratnya adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. Memerdekakan
seorang budak
b. Memberi makan
10 orang miskin
c. Memberi pakaian
10 orang miskin
d. Berpuasa selama
3 hari
e. Berpuasa selama
7 hari
16. Berikut ini
adalah hukuman kaffarat yang sesuai dengan perbuatan suami isteri yang
melakukan hubungan badan di siang hari pada bulan Ramadhan, kecuali ….
a. Memerdekakan
hamba sahaya
b. Berpuasa 3 hari
berturut-turut
c. Berpuasa 2
bulan berturut-turut
d. Mengqadha puasa
pda hari dimana ia berhubungan badan
e. Memberikan
makan kepada 60 orang miskin
17. Fungsi pokok
peradilan adalah ….
a. Terpeliharanya
kepastian hukum
b. Terpeliharanya
kedudukan hakim
c. Terciptanya pemerintahan
yang adil
d. Terbentuknya
masyarakat yang harmonis
e. Terselenggaranya
pemerintahan yang bersih
18. Berikut ini
adalah hikmah peradilan, kecuali ….
a. Terciptanya
kesejahteraan masyarakat
b. Terciptanya
keadilan dalam masyarakat
c. Terciptanya
kebersihan rumah tangga masyarakat
d. Terciptanya
keadilan dan perdamaian dalam masyarakat
e. Terwujudnya
aparatur pemerintahan yang jujur, bersih dan berwibawa
19. Berikut ini
adalah kriteria yang harus dimiliki seorang hakim, kecuali ….
a. Mampu berlaku
adil
b. Muslim, balig,
berakal
c. Sehat jasmani
dan rohani
d. Menguasai
metode ijtihad
e. Taqlid kepada
mazhab fikih
20. Berikut ini
adalah fungsi dari peradilan agama, kecuali ….
a. Menetapkan
putusan perceraian
b. Menetapkan
besar mahar dalam pernikahan
c. Menyelesaikan
permasalahan nikah lain agama
d. Menyelesaikan
persengketaan antara suami dan isteri
e. Menyelesaikan
persengketaan dalam pengasuhan anak
21. … لايقـضينّ حكم بين اثنين وهو غضـبان (رواه
الجماعة)
Hadis diatas menegaskan bahwa
seorang hakim dilarang memutuskan hukum suatu perkara, jika dalam keadaan …
a. Lapar
b. Sakit
c. Marah
d. Susah
e. Gembira
22. Berikut ini
merupakan kriteria seorang saksi, kecuali ….
a. Dhabit
b. Dapat berbicara
c. Musuh terdakwa
d. Muslim dan
merdeka
e. Bukan orang
yang fasik
23. Orang yang
mengajukan tuntutan melalui pengadilan karena terdapat haknya yang diambil
orang lain atau adanya permasalahan dengan orang lain yang dianggap merugikan
dirinya adalah pengertian ….
a. Saksi
b. Hakim
c. Terdakwa
d. Tergugat
e. Penggugat
24. Orang yang
dituntut mengembalikan keadilan berkaitan dengan hak-hak orang lain disebut ….
a. Saksi
b. Hakim
c. Terdakwa
d. Tergugat
e. Penggugat
25. Berikut ini
adalah macam-macam alat bukti yang dapat diterima dalam sidang peradilan,
kecuali ….
a. Saksi
b. Sumpah
c. Barang bukti
d. Pengakuan jaksa
e. Keyakinan hakim
26. Dasar hukum
Peradilan Agama di Indonesia adalah ….
a. UU nomor 7
tahun 1970
b. UU nomor 10
tahun 1970
c. UU nomor 12
tahun 1970
d. UU nomor 14
tahun 1970
e. UU nomor 16
tahun 1970
27. Imam Malik dan
Imam Ahmad meperbolehkan kesaksian orang buta dalam perkara berikut ini,
kecuali ….
a. Wakaf
b. Thalaq
c. Jual beli
d. Perzinaan
e. Pernikahan
28. Kaidah-kadiah
kulli (umum) yang digunakan untuk mengistinbathkan hokum syara’ dengan
menggunakan dalil-dalil yang terperinci adalah pengertian ….
a. Hadis
b. Tasawuf
c. Fikih
d. Ushul fikih
e. Aqidah
29. Objek kajian
ushul fikih adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. Dalil-dalil
syara’ yang kulli
b. Kehujjahan
dalil-dalil yang muttafaq alaih
c. Persoalan yang
berkenaan dengan ijtihad
d. Kehujjahan
dalil-dalil yang mukhtalaf fih
e. Perbuatan
mukallaf yang berkaitan dengan hukum syara’
30. Berikut ini
adalah tujuan mempelajari ilmu ushul fikih, kecuali ….
a. Menghindari
taklid
b. Memahami
hukum-hukum syara’
c. Memahami
sumber-sumber hukum
d. Menimbulkan
fanatisme bermazhab
e. Menumbuhkan
kemampuan berijtihad
31. Pada abad ke-3
Hijriyah, ushul fikih memiliki peranan penting dalam perkembangan fikih, yaitu
….
a. Membuka pintu
ijtihad bagi setiap muslim
b. Menjadi media
penting dalam memahami Al-Qur’an
c. Menimbulkan
perdebatan dalam masalah-masalah furu’
d. Memberikan
ruang untuk berpendapat bagi setiap orang yang mempelajari fikih
e. Menjadi
landasan ijtihad para mujtahid dalam istinbath hokum dari al-Qur’an dan
al-Sunnah
32. Golongan yang
banyak menggunakan logika dalam menetapkan hukum yang tidak disebutkan secara
sharih dalam nash disebut ….
a. Ahl al-naqli
b. Ahl al-ra’yi
c. Ahl al-hadis
d. Ahl al-fatwa
e. Ahl al-dzimmah
33. … فكاتبوهم إن علمتم فيهم خيرا (النور : 33)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Anjuran
b. Bimbingan
c. Pembolehan
d. Ancaman
e. Merendahkan
derajat
34. … وأشـهدوا إذا تبـايعتم (البقرة
: 282)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Anjuran
b. Bimbingan
c. Pembolehan
d. Ancaman
e. Merendahkan
derajat
35. … كلوا واشـربوا من رزق الله (البقرة : 60)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Anjuran
b. Bimbingan
c. Pembolehan
d. Ancaman
e. Merendahkan
derajat
36. … إعمـلوا ما شئتم (فصلت
: 40)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat diatas
terkandung makna …
a. Anjuran
b. Bimbingan
c. Pembolehan
d. Ancaman
e. Menerenahkan
derajat
37. … كونوا قـردة خاسئـين (البقرة : 65)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Anjuran (nadb)
b. Bimbingan
(irsyad)
c. Pembolehan
(ibahah)
d. Ancaman (tahdid)
e. Merendahkan
derajat (taskhir)
38. … فاصبروا أو لا تصبروا سواء عليكم ( الطور : 16 )
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Pendustaan
(takdzib)
b. Permohonan
(doa)
c. Menjadikannya
sedih talhif)
d. Kelemahan lawan
(ta’jiz)
e. Pasif
(taswiyah)
39. … قل هاتـوا برهـانكم إن كنتم صادقـين
(البقرة : 111)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Pendustaan
(takdzib)
b. Permohonan
(doa)
c. Menjadikannya
sedih talhif)
d. Kelemahan lawan
(ta’jiz)
e. Pasif
(taswiyah)
40. … قل مـوتوا بغيـظكم (أل عمران : 119)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Pendustaan
(takdzib)
b. Permohonan
(doa)
c. Menjadikannya
sedih talhif)
d. Kelemahan lawan
(ta’jiz)
e. Pasif
(taswiyah)
41. … فـأتـوا بسـورة من مثـله (البقرة : 23)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Pendustaan
(takdzib)
b. Permohonan
(doa)
c. Menjadikannya
sedih talhif)
d. Kelemahan lawan
(ta’jiz)
e. Pasif
(taswiyah)
42. … ربنـا آتـنـا من لدنك رحمـة (الكهف :
10)
Lafaz amar yang terdapat pada ayat
diatas terkandung makna …
a. Pendustaan
(takdzib)
b. Permohonan
(doa)
c. Menjadikannya
sedih talhif)
d. Kelemahan lawan
(ta’jiz)
e. Pasif
(taswiyah)
43. Bersuci dari
hadas kecil (berwudhu/tayammum) hukumnya sunnah, tetapi jika hendak
melaksanakan shalat maka bersuci hukumnya menjadi wajib, karena shalat tidak
sah tanpa bersuci. Kaidah ushuliyah yang tepat untuk pernyataan diatas adalah
….
a. …. الأصل فى الأمر للوجوب
b. …. الأصل فى الأمر لا يقتضى التكرار
c. …. الأمر بالـشيئ أمــر بـوســـائـله
d. …. الأمـر بعــد الــنهي يفـيد الإبـاحـة
e. …. الأصـل فى الأمر لا يقـتضى الفــــور
44. … لا تمـدنّ عينيـك إلى ما متـعنـا بـه ( الحجر : 88)
Ayat diatas merupakan contoh Nahi
yang bersifat …..
a. Do’a
b. Tahqir
c. Irsyad
d. Tahdid
e. Ta’yis
45. ….. ربنـا لا تـؤاخـذنا إن نسـيـنـا
...... ( البقرة : 286 )
Pada lafaz yang bergaris bawah pada
ayat diatas terkandung arti …..
a. Do’a
b. Tahqir
c. Irsyad
d. Tahdid
e. Ta’yis
46. ….. لا تسـألـوا عن أشيـاء إن تبـد لكم
تســؤكـــم (المائدة : 101)
Ayat diatas adalah contoh Nahi yang
bersifat …..
a. Do’a
b. Tahqir
c. Irsyad
d. Tahdid
e. Ta’yis
47. Larangan
mempersekutukan Allah terkandung makna adanya perintah untuk mentauhidkan Allah
swt. Kaidah ushuliyah yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …..
a. …. الأمر بالشيئ أمر بوسائله
b. …. الأصل فى النهي للتحريم
c. …. النهي بالشيئ أمر بضـده
d. …. الأصل فى الأمر للوجـوب
e. …. الأصل فى النهي يقتضى الفساد مطلقا
48. …. وما أرسلنـاك إلا كافّـة للنـاس بشـيرا ونـذيـرا (سبـأ : 28 )
Lafaz yang bergaris bawah pada ayat
diatas mengandung arti …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Mubayyan
49. …. ولله على النـاس حج البيت من استـطاع إليـه سبيــــــلا ..... (أل
عمران : 97)
Lafaz “ من “ dan
seterusnya pada ayat diatas mengandung arti …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Mubayyan
50. …. وأقيمـوا الصـلاة وآتـوا الـزكاة
Kata “ الصلاة “ diatas
merupakan contoh lafal yang …..
a. Mujmal
b. Muradif
c. Muqayyad
d. Mubayyan
e. Mutasyabih
51. ….. إنّ هـذين حـرام على ذكـور أمّــتى
Jenis bayan yang terdapat dalam
hadis tersebut adalah …..
a. … بيان بالقول
b. … بيان بالفعل
c. … بيان بالترك
d. … بيان بالإشارة
e. … بيان بالسكوت
52. …… صـلوا كما رأيتمـوني أصلي
Jenis bayan yang terdapat dalam
hadis tersebut adalah …..
a. … بيان بالقول
b. … بيان بالفعل
c. … بيان بالترك
d. … بيان بالإشارة
e. … بيان بالسكوت
53. …. كان آخـر الأمرين منه صلى الله عليه وسلم
عـدم الـوضوء ممـا مسّـت النــار
Jenis bayan yang terdapat pada ayat
tersebut adalah …..
a. … بيان بالقول
b. … بيان بالفعل
c. … بيان بالترك
d. … بيان بالإشارة
e. … بيان بالسكوت
54. Berikut ini
lafaz yang mempunyai makna muradif dengan kata “ الصلاة “ adalah …..
a. … الربا
b. … التعبد
c. … الدعاء
d. … العبادة
e. … الزكوة
55. …. والليـل إذا عسـعس ( التكوير : 17 )
Lafaz “ عسـعـس “ termasuk
musytarak, karena …..
a. Mengandung
makna yang pasti
b. Mengandung
makna yang global
c. Mengandung
lebih dari dua makna
d. Mengandung dua
makna yaitu pergi dan datang
e. Mengandung
makna yang belum jelas, pergi atau datang
56. . … وأحـلّ الله البـيع وحـرم الـربا
(البقرة : 278)
Ayat tersebut menjelaskan halalnya
jual beli dan haramnya riba. Lafaz البيع dan الربا termasuk dalam kaidah …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mufassar
d. Mubayyan
e. Muqayyad
57. …. والذين يظاهرون من نسـائهم ثمّ يعـودون لما
قـالوا فتحـرير رقبـة ....
(المجادلة : 3)
Lafaz yang bergaris bawah diatas mengandung
makna mutlak, karena …..
a. Lafaz tersebut
dibatasi oleh lafaz lain
b. Lafaz yang
tidak mungkin ditakwilkan
c. Lafaz yang
menunjukkan makna ganda
d. Lafaz tersebut
tidak terikat oleh lafaz lain
e. Lafaz tersebut
memungkinkan untuk ditakwilkan
58. … فمن لم يجـد فصيـام شهرين متتـابعين من قبـل أن يتمـاسـا ...... (
المجادلة : 4 )
Lafaz “ شهرين “ pada ayat
diatas termasuk muqayyad karena …..
a. Lafaz “ شهرين “ diberi sifat
“ متتـابعين
“
b. Dibolehkan
berpuasa dua bulan kapan saja
c. Menunjukkan
kewajiban berpuasa dua bulan
d. Lafaz “ شهرين “ menjadi
mudhaf ilaih dari lafaz “ صيـام
“
e. Lafaz “ شهرين “ dibatasi
dengan lafaz “ من قبـل أن يتمـاســا “
59. Jika persoalan
dan hokum dalam nas itu sama, serta keadaan mutlak dan muqayyadnya terdapat
pada hokum, maka harus berpegang kepada
…..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Masing-masing
lafaz
60. Jika persoalan
dan hokum kedua nas itu sama, serta keadaan mutlaq dan muqayyadnya terdapat
pada sebab hokum, maka harus berpegang kepada
…..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Mubayyan
61. Jika
persoalannya berbeda dan hukumnya sama, maka menurut jumhur ulama Syafi’iyah
harus berpegang kepada …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Mubayyan
62. Jika persoalan
sama dan hokumnya berbeda, maka menurut jumhur ulama Syafi’iyah dan Hanafiyah
harus berpegang kepada …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Masing-masing
lafaz
63. Jika persoalan
sama dan hokum berbeda, maka menurut ulama Malikiyah dan Hanabilah harus
berpegang kepada …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Masing-masing
lafaz
64. Jika persoalan
berbeda dan hukumnya berbeda juga, maka harus berpegang kepada …..
a. Khas
b. ‘amm
c. Mutlaq
d. Muqayyad
e. Masing-masing
lafaz
65. … يـد الله فــوق أيـديـهم
( الفتح : 10 )
Makna zahir dari lafaz “ يـد الله “ adalah …..
a. Arsy Allah
b. Tangan Allah
c. Ayat-ayat Allah
d. Kebesaran Allah
e. Kekuasaan Allah
66. …. الـرحمن على العـرش استـوى ( طه : 5 )
Takwil kata “istawa” pada ayat
diatas adalah …..
a. Meniduri
b. Bergelayut
c. Menguasai
d. Menduduki
e. Duduk bersila
67. Diharamkan
memukul kedua orang tua berdasarkan firman Allah “ فلا تـقـل لهما أفّ “. Pernyataan
diatas termasuk …..
a. Bayan ayat
b. Takwil ayat
c. Zahir ayat
d. Manthuq ayat
e. Mafhum ayat
68. Menyatakan
keharaman memukul kedua orang tua berdasarkan larangan mengatakan “ah” seperti
yang disebutkan QS. Al-Isra ayat 23, adalah termasuk …..
a. Qiyas adna
b. Qiyas bayan
c. Qiyas syibhi
d. Qiyas awlawi
e. Qiyas musawi
69. Keharaman
membakar harta anak yatim disamakan hukumnya dengan keharaman memakan harta
anak yatim, karena keduanya sama-sama menghilangkan harta anak yatim, adalah
termasuk …..
a. Manthuq nas
b. Manthuq zihar
c. Lahnul khithab
d. Fahwal khithab
e. Mafhum
mukhalafah
70. Hukum bolehnya
makan dan minum pada bulan Ramadhan sampai terbit fajar terkandung pemahaman
akan haramnya makan dan minum setelah terbitnya fajar, adalah termasuk …..
a. Mafhum sifat
b. Mafhum syarat
c. Mafhum hasyr
d. Mafhum laqab
e. Mafhum ghayah
71. Halalnya suami
memakan sebagian dari maskawin istrinya harus disertai adanya keikhlasan
penyerahan dari istrinya, hal ini memberikan pemahaman bahwa jika istrinya
tidak rela memberikannya, maka haram hukumnya bagi suami memakan sebagian
maskawin istrinya tersebut, adalah termasuk …..
a. Mafhum sifat
b. Mafhum syarat
c. Mafhum hasyr
d. Mafhum laqab
e. Mafhum ghayah
72. Berikut ini
yang bukan bagian dari syarat-syarat Nasikh adalah …..
a. Nasikh berupa
hukum syara’
b. Nasikh bukan
berupa ijma’ dan qiyas
c. Dalil nasikh
terpisah dari dalil mansukh
d. Nasikh datang
lebih dahulu daripada mansukh
e. Nasikh lebih
kuat dari mansukh atau seimbang
73. Agar seorang
ulama dapat disebut mujtahid mutsaqil setelah terpenuhinya syarat-syarat umum
sebagai mujtahid, maka …..
a. Dia boleh tidak
terikat dengan mazhabnya dalam beberapa masalah furu’
b. Dia harus mampu
memilih pendapat yang kuat dari pendapat para imam mazhabnya
c. Dia harus mampu
berijtihad sendiri dengan menerapkan metode mazhab tertentu
d. Dia harus mampu
berijtihad sendiri dalam masalah-masalah yang belum diterapkan hukumya oleh
imam mazhab
e. Dia harus mampu
berijtihad dalam berbagai hokum syara’ berdasarkan hasil kajiannya sendiri dari
terikat kepada mazhab lain
74. Yang dimaksud
dengan istilah “ta’arudh al-adillah” adalah …..
a. Perlawanan
antara logika dan nash
b. Perlawanan
antara al-Qur’an dengan al-Sunnah
c. Persamaan
kandungan dalil-dalil yang sederajat
d. Perlawanan
antara kandungan dua dalil yang tidak bisa dikompromikan
e. Persamaan
penafsiran dalil-dalil yang satu dengan yang lain saling berlawanan
75. Jika ada dua
hadis yang kontradiktif, maka diantara cara mentarjihnya adalah …..
a. Meninggalkan
hadis walau perawinya bersifat adil
b. Mendahulukan
hadis masyhur daripada hadis shahih
c. Mengambil hadis yang termasuk dalam “ الأحاديث القـدسيـة “
d. Mendahulukan
hadis yang perawinya tsiqah daripada yang perawinya tidak tsiqah
e. Meninggalkan
hadis dan hanya berpegang pada nash al-Qur’an yang ayat-ayatnya tidak
mutasyabihat
76. Seseorang
berwudhu mengikuti cara Imam Syafi’iy. Setelah berwudhu, ia bersentuhan dengan
wanita yang bukan muhrimnya, ia menyatakan wudhunya tidak batal berlandaskan
pada pendapat imam lain selain Imam Syaf’iy. Perbuatan tersebut termasuk …..
a. Qiyas
b. Talfiq
c. Tarjih
d. Taklid
e. Ijtihad
77. Yang dimaksud
dengan istilah “al-mahkum fih” adalah ….
a. Mukallaf
b. Hukum syar’i
c. Hukum taklifi
d. Pembuat hukum
e. Perbuatan
mukallaf
78. Seseorang
disebut “al-mahkum alaih” jika terpenuhi syarat ….
a. Islam, balig,
berakal
b. Islam, merdeka,
balig
c. Islam, tamyiz,
berakal, sehat badan
d. Islam, balig,
berakal, sehat badan
79. … يا أيهـا الذين آمنـوا أوفـوا بالعـقـود ( المائدة : 1 )
Hukum wajib yang diambil dari ayat
diatas yang berhubungan dengan perbuatan mukallaf adalah memenuhi janji. Dalam
hal ini, perbuatan mukallaf yang berkenaan dengan hokum syara’ berupa memenuhi
janji termasuk …
a. Mukallaf
b. Musyari’
c. Al-Tasyri’
d. Mahkum fih
e. Mahkum ‘alaih
80. Setiap orang
Islam yang sudah balig memiliki taklif berupa shalat lima waktu dalam sehari semalam, karena
shalat merupakan perbuatan syara’ yang harus ditunaikan. Dalam hal ini, orang
Islam yang melaksanakan perbuatan syara’ tersebut termasuk …..
a. Mukallaf
b. Musyari’
c. Al-Tasyri’
d. Mahkum fih
e. Mahkum ‘alaih
81. Berikut ini
adalah beberapa fungsi hadis sebagai sumber hukum Islam yang kedua setelah
Al-Qur’an, kecuali …..
a. Mentakhsish
keumuman dalam al-Qur’an
b. Menguatkan
hokum yang ada dalam al-Qur’an
c. Menjelaskan
yang mubham dalam al-Qur’an
d. Meniadakan
hokum dalam al-Qur’an yang berlawanan
e. Membuat hokum
baru yang belum ada dalam al-Qur’an
82. Ketika semua
ulama sepakat mengatakan bahwa hokum sesuatu ini haram atau halal, maka ijma’
seperti ini termasuk jenis …..
a. Ijma’ fi’li
b. Ijma’ fardi
c. Ijma’ qauli
d. Ijma’ taqriri
e. Ijma’sukuti
83. Menjaga tujuan
syara’ dengan jalan menolak mafsadat (kerusakan) atau madharat dari makhluk
adalah fungsi dari …..
a. ‘Urf
b. Istiksar
c. Istihab
d. Maslahah
mursalah
e. Syar’u man
qablana
84. Menghalangi
orang dari perbuatan maksiat dengan menutup (mengaharamkan) jalan kemaksiatan
tersebut, adalah fungsi …..
a. Istishab
b. Dilalatul
iqtiran
c. Mazhab shahabi
d. Syaddu
ad-dzara’iy
e. Maslahah
al-mursalah
85. Seorang wanita
yang sedang haid boleh membaca al-Qur’an dengan alasan memberi kesempatan
memperoleh ibadah saat sedang tidak suci. Hal ini didasarkan pada ketentuan …..
a. Qiyas
b. Istishab
c. Istihsan
d. Ijtihad
e. Syar’u man
qablana
86. Diharamkan
seorang wanita membaca al-Qur’an ketika ia sedang haid, karena dalam keadaan
tidak suci yang dipersamakan hukumnya dengan orang yang sedang junub. Penyamaan
hukum berdasarkan ‘illat tersebut dinamakan …..
a. Qiyas
b. Istishab
c. Istihsan
d. Ijtihad
e. Syar’u man
qablana
87. Tujuan dari
berdirinya khilafah adalah …..
a. Menyamaratakan
kekayaan rakyat
b. Memberikan hak
berpolitik pada muslimin
c. Mensejahterakan
pemimpin dalam tugasnya
d. Mewujudkan
masyarakat yang adil dan makmur
e. Mewujudkan
kesejahteraaan berdasarkan strata sosial
88. Salah satu
fungsi majlis syura adalah …..
a. Menjadi oposisi
pemerintah
b. Lembaga elit
Negara yang absolute
c. Menerbitkan
peraturan pemerintah
d. Mengadili
kepala Negara saat melakukan korupsi
e. Mewakili rakyat
dalam bermusyawarah dengan pemerintah
89. Salah satu kewajiban
majelis syura sebagai lembaga tertinggi Negara adalah …..
a. Menentukan
hokum taklifi bagi mukallaf
b. Mengajukan
terpidana ke mahkamah Negara
c. Memilih
pemimpin agama untuk setiap wilayah
d. Menjalankan
roda pemerintahan agar sesuai dengan hokum Allah
e. Membuat UU
bersama khalifah demi melaksanakan hokum Allah
90. Dalam Islam,
hokum berperang melawan musuh yang telah memasuki wilayah Negara dan mengancam
setiap warga adalah …..
a. Wajib
b. Fardhu ‘ain
c. Fardhu kifayah
d. Sunnah
mu’akkadah
e. Sunnah ghairu
mu’akkadah
91. Diantara etika
berperang yang salah menurut Islam adalah …..
a. Menawan musuh
yang kalah
b. Membunuh musuh
yang bersenjata
c. Menggunakan
peralatan perang yang lengkap
d. Membuat penjara
untuk musuh yang tertawan
e. Membunuh kaum
wanita dari kalangan musuh
92. Contoh
perlakuan umat Islam terhadap ahli al-dzimmah yang dipandang salah oleh syara’
adalah …..
a. Memerangi ahl
al-dzimmah yang berkhianat
b. Mewajibkan ahl
al-dzimmah untuk membayar jizyah
c. Membela ahl
al-dzimmah ketia dizalimi oleh orang Islam
d. Memaksa ahl
al-dzimmah tunduk kepada aturan Negara Islam
e. Membedakan hak
perlindungan antara ahl al-dzimmah dan muslimin
93. Ada orang yang sudah cukup umur,
berpeghasilan tetap, mampu menafkahi, dan dikhawatirkan terjerumus dalam
perzinaan. Nikah bagi orang tersebut hukumnya …..
a. Wajib
b. Sunnah
c. Mubah
d. Makruh
e. haram
94. Salah satu
kandungan pasal 7 Undang-undang No. 1 tahun 1974 adalah …..
a. Tiap-tiap
perkawinan dicatat menurut undang-undang yang berlaku
b. Perkawinan
harus didasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai
c. Perkawinan
adalah sah, apabila dilakukan menurut hokum masing-masing agamanya dan
kepercayaannya itu
d. Tujuan
perkawinan adalah membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan
Ketuhanan Yang Maha Esa
e. Perkawinan
hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun da pihak wanita
sudah mencapai 16 tahun
95. Suami tidak
boleh rujuk kembali, kecuali mantan isterinya pernah menikah dengan laki-laki
lain, adalah pengertian dari talak …..
a. Ba’in
b. Raj’iy
c. Bid’iy
d. Ba’in kubra
e. Ba’in sughra
96. Perempuan
mandul yang dicerai suaminya, masa iddahnya adalah …..
a. 3 bulan
b. 3 kali suci
c. 3 bulan 10 hari
d. 4 bulan 10 hari
e. Tidak perlu
ber’iddah
97. Seorang balita
berumur 2 tahun membutuhkan pengasuhan, sementara ayah dan ibunya telah
bercerai. Jenis hadhanah yang layak diperolehnya adalah …..
a. Hadhanah al-ab
b. Hadhanah al-umm
c. Hadhanah
al-usrah
d. Hadhanah
al-hakim
e. Hadhanah
al-gharib
98. Salah satu
penyebab munculnya mazhab-mazhab fikih adalah …..
a. Dibukukannya
hadis-hadis Rasulallah saw
b. Terbukanya
pintu ijtihad bagi setiap mujtahid
c. Nalar muslimin
dalam memahami al-Qur’an meningkat
d. Terjadinya
peperangan antar suku setelah Nabi saw wafat
e. Melemahnya
kemampuan berijtihad di kalangan umat Islam
99. Salah satu imam
yang mazhabnya menjadi rujukan adalah Imam Malik bin Anas. Karakteristik dari
Mazhab Maliki adalah ….
a. Lebih
mendahulukan ra’yu daripada hadis
b. Hanya bertumpu
pada qur’an dan hadis saja
c. Menggunakan
ra’yu seimbang dengan hadis
d. Menjadikan
perbuatan penduduk Madinah sebagai landasan hokum
e. Berpegang teguh
pada hadis walaupun hadis tersebut berkedudukan ahad
100.
Ulama yang berpendapat bahwa bersentuhan kulit antara
lawan jenis tidak membatalkan wudhu adalah …..
a. Imam Rafi’iy
b. Imam Syafi’iy
c. Imam Nawawi
d. Imam Ghazali
e. Imam Abu
hanifah
101. Ulama yang
berpendapat tentang bolehnya seorang suami mencampuri istri yang baru suci dari
haid tetapi belum mandi, jika suci haidnya melebihi batas waktu yang ditentukan
adalah …..
a. Imam Maliki
b. Imam Syafi’iy
c. Imam Abu
Hanifah
d. Imam Daud
Zahiri
e. Imam Ahmad ibnu
Hanbal
102. Ulama yang
berpendapat bahwa menutup aurat dalam shalat merupakan salah satu sunnah dari
shalat adalah …..
a. Imam Maliki
b. Imam Syafi’iy
c. Imam Abu
Hanifah
d. Imam Daud
Zahiri
e. Imam Ahmad ibnu
Hanbal
103. Seorang
meninggal dunia, ahli warinya : seorang anak perempuan, suami dan bapak. Harta
warisan yang ditinggalkannya sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah).
Berapa rupiahkah bagian yang diterima oleh anak perempuan ?
a. Ashabah
b. Rp. 1.000.000,-
c. Rp. 2.000.000,-
d. Rp. 3.000.000,-
e. Rp. 3.500.000,-
104. Jika seseorang
berwasiat agar sepersepuluh harta warisannya diberikan kepada pembantunya dan
dapat diperoleh setelah ia meninggal, maka hokum wasiat tersebut adalah …..
a. Wajib
b. Sunnah
c. Mubah
d. Makruh
e. Haram
105. Seorang anak
perempuan bersama dua orang anak laki-laki, jika harta warisan yang ditinggalkan
sebesar Rp. 12.500.000,- (Dua belas juta lima
ratus ribu rupiah), maka jumlah uang yang diterima seorang anak perempuan
adalah sebesar …..
a. Rp. 7.500.000,-
b. Rp. 6.000.000,-
c. Rp. 5.000.000,-
d. Rp. 2.500.000,-
e. Rp. 2.000.000,-
106. Apabila seorang
wanita yang sudah menjadi janda melakukan perzinaan, maka hukuman yang pantas
baginya adalah …..
a. Dicambuk 100
kali kemudian dinikahkan dengan pasangan zinanya
b. Dirajam dengan
cara dilempari batu sampai mati
c. Dicambuk 100
kali kemudian dirajam
d. Diisolasi
selama 1 tahun dan dicambuk 100 kali
e. Diasingkan
dalam kehidupan bermasyarakat sampai akhir hayatnya
107. Diantara
ciri-ciri pencurian yang pelakunya dapat dikenakan sanksi hudud adalah …..
a. Barang yang
dicuri berupa sesuatu yang tidak memiliki nilai dan tidak berguna
b. Pencurinya
adalah ayah kandung dari pemilik barang yang dicuri
c. Pencuri
memiliki andil dalam kepemilikan barang yang dicuri
d. Pencurian yang
dilakukan oleh anak yang belum tamyiz
e. Pencurian yang
dilakukan secara sembunyi-sembunyi
108. Salah satu
hikmah dari pelaksanaan pembayaran diyat adalah …..
a. Memberikan efek
jera kepada pelaku penganiayaan dan mencegah timbulnya kezaliman
b. Untuk membantu
orang-orang kaya agar terlepas dari ancaman hukuman qishash
c. Mengatur sanksi
hukum agar sesuai dengan kemampuan pelaku
d. Mengurangi tingkat
kejahatan di masyarakat yang taat bkepada aturan agama
e. Membantu
pemerintahIslam dalam menimbulkan wibawa penguasa dalam bidang hukum
109. Sesorang
melempar kerikil kea rah anjing. Ternyata lemparanya itu mengenai sesorang
hingga meninggal dunia. Sanksi yang layak untuk pelempar tersebut adalah …..
a. Diyat
mukhaffafah dan kaffarat
b. Diyat
mughallazah
c. Diyat
mukhaffafah
d. Diyat dan
kafarat
e. Kafarat
110. Seorang guru
merasa kesal terhadap sikap salah seorang santrinya yang nakal. Kemudian ia
memukul santri tersebut dengan menggunakan sepotong kayu kecil dengan tidak
keras. Pukulan itu mengakibatkan santri tersebut meninggal dunia. Pembunuhan
tersebut termasuk kategori …..
a. .قتل العمد والخطأ
b. .قتل شبه الخطأ
c. .قتل الخطأ
d. .قتل العمد
e. .قتل شبه العمد
111. Melalui khamr
setan bermaksud menimbulkan konflik permusuhan dan kebencian antarsesama
manusia. Bunyi dalil yang sesuai dengan
pernyataan diatas adalah …..
a. .أن النبي كان يضرب فى الخمر بالنعال
والجريد أربعين (الحديث)
b. .يسألونك عن الخمر والميسر قل فيهما إثم
كبير ومنافع للناس....
c. .ياأيهاالذين آمنوا لاتقربوا الصلاة وأنتم
سكارى حتى تعلموا ما تقولون....
d. .إنما يريد الشيطان أن يوقع بينكم العداوة
والبغضاء فى الخمر والميسر ويصدكم عن ذكرالله..
e. ياأيها الذين آمنوا إنما
الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه ....
112. Pada awal abad
ke-3 H, salah satu tahap sejarah perkembangan Ushul Fiqh adalah …..
a. Ushul Fiqh
membuka pintu ijtihad bagi setiap orang
b. Ushul Fiqh
menyatu dalam kajian tafsir dan belum berdiri sendiri
c. Ushul Fiqh
mulai dibukukan dalam kitab al-Risalah karya Asy-Syafi’iy
d. Ushul Fiqh
menjadi bidang keilmuan yang menimbulkan perbedaan mazhab
e. Ushul Fiqh
menjadi satu-satunya ilmu yang digunakan untuk memahami al-Qur’an
113. Basri melamar
pacarnya yang bernama Mufidah untuk menjadi isterinya, namun Mufidah menolak
lamarannya karena merasa belum siap berumah tangga. Basri menjadi murka. Suatu
hari Mufidah diajak Basri makan siang di restoran, Basri mencampuri racun pada
minuman Mufidah, sehingga meninggal dunia. Hukuman yang layak bagi Basri adalah
qishash, namun dapat diganti dengan diyat mughallazah dan kafarat jika …..
a. Diberikan diyat
kepada keluarga terbunuh
b. Dimaafkan oleh
keluarga terbunuh
c. Disuruh oleh
keluarga terbunuh
d. Diizinkan oleh
keluarga terbunuh
e. Diberikan
kafarat kepada keluarga terbunuh
114. Pada masa Imam
Syafi’i yakni pada sekitar abad ke-3 Hijriah, peranan Ushul Fiqh dalam
perkembangan fiqh adalah …..
a. Ushul Fiqh
terfokus pada bahasan fiqh siyasah
b. Ushul Fiqh
menjadi pondasi mujtahid dalam membangun mazhab baru
c. Ushul Fiqh
menjadi metode yang paling utama dalam berdebat seputar hukum
d. Ushul Fiqh
menjadi landasan mujtahid dalam istinbath hukum dari al-Qur’an dan as-Sunnah
e. Ushul Fiqh
menjadi disiplin ilmu yang sangat berpengaruh bagi perkembangan hukum di Timur
Tengah
115. Dalam konsep
ilmu Ushul Fiqh, fungsi al-Hakim adalah …..
a. Memaksakan
hukum kepada mukallaf tanpa adanya dispensasi (rukhsah)
b. Menetapkan
hukum yang berkaitan dengan setiap tindakan mukallaf
c. Memaksa
mukallaf agar tunduk patuh kepada aturan hukum wadh’iy
d. Membatasi ruang
gerak mukallaf dalam menikmati kehidupan dunia
e. Mengawasi
pelaksanaan undang-undang
116. Ilmu yang
membahas kaidah-kaidah yang digunakan untuk merumuskan hukum syara’ dengan
menggunakan dalil-dalil yang rinci adalah ilmu …..
a. Fiqih
b. Ushul Fiqih
c. Ijtihad Fardhi
d. Ijma’ Sharih
e. Syari’at Islam
boleh minta kunci jawabannya nda? lagi perlu buat pmbeljran. Syukran
BalasHapusminta kunci jawabannya dong ustadz
BalasHapusTolong minta kunci jawabannya pak,,
BalasHapusMinta kuci jawabannya dong pak, syukran katsiran^^
BalasHapusustad klo bisa sama jawabannya biar mudah dimana letak kesalahan kita
BalasHapusMinta kuci jawabannya dong pak Uuztat, syukran katsiran^^
BalasHapussukron ya ustadz
BalasHapusSukron katsir ustadz.,
BalasHapusga ada kunci jawabannya?
BalasHapusMana kunci jawabannya
BalasHapusustad minta kunci jawabannya
BalasHapusBoleh minta kuncinya.. syukron
BalasHapusUstad Kalo boleh sama kunci jawabannya Syukron
BalasHapusAsalamualaikum,,,,,boleh minta kunci jawabanx
BalasHapusAssalamu'alaikum, boleh minta jawabannya ustadz. Terima kasih
BalasHapusMinta jawabanya kang
BalasHapusAssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mohon ikhlas dan ridhonya utk diberikan kunci jawabannya.
BalasHapusTerimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh